Kamis, 05 Februari 2009

Belajar Vokal

Mau jadi penyanyi ato vokalis jaman sekarang sudah lebih gampang. Dengan sedikit bakat dan sedikit saja latihan sudah bisa jadi penyanyi dan muncul di TV. Coba bandingkan penyanyi tempo dulu seperti Bop Tutupoli, Titik Puspa (dijalur pop), Achmad Albar, Gito Rolies (di jalur rock) dengan penyanyi dan vokalis band jaman sekarang. Jauh banget bedanya!.

Bernyanyi yang baik memerlukan teknik vocal yang perlu dilatih secara bertahap. Secara singkatnya seperti:
  1. Pernafasan, mengoptimalkan organ-organ pernafasan (perut dan paru-paru) agar dapat mengumpulkan udara sebanyak mungkin.
  2. Resonansi, mengoptimalkan ronggga-rongga yang ada di dalam tubuh agar menghasilkan resonans (getaran), sehingga resonans tidak hanya dihasilkan di rongga mulut.
  3. Pitch, mengoptimalkan pita suara agar dapat menghasilkan intonasi yang tepat, tidak mengambang.
  4. Pengucapan, membentuk vocal a, i, u, e, o dan konsonan yang jelas dan tepat, sehingga pendengar dapat mengerti lirik lagu yang dinyanyikan.

Bila keempat hal diatas sudah didapat, maka seorang penyanyi sudah dapat dikatakan memenuhi standard vocal. Banyak penyanyi sekarang dengan pedenya teriak-teriak ato cuma menggumam dengan nada-nada yang fals. Ajaibnya mereka digandrungi banyak orang, terkenal, dan menghasilkan uang yang banyak dari nyanyiannya!

Tidak ada komentar: