Selasa, 02 Agustus 2011

Melatih Kelompok Suara SATB

Dalam paduan suara campuran terbagi menjadi empat kelompok suara yaitu: Sopran, Alto, Tenor dan Bas. Setiap kelompok suara memiliki warna tersendiri, namun pada umumnya warna suara sopran dan tenor berciri terang dan lebih tipis sedangkan ciri khas alto dan bas gelap dan berat. Oleh karena itu seorang yang berwarna suara gelap atau tertutup sebaiknya jangan dimasukan ke dalam kelompok suara sopran atau tenor, lebih baik memiliki sedikit anggota sopran daripada banyak anggota tetapi warnanya tidak jelas.

Melatih kelompok suara sopran dan tenor tentu lebih banyak melatih nada-nada tinggi dengan volume kuat ataupun halus. Pencapaian nada tinggi dengan teknik falset sangat mutlak diperlukan agar nada-nada tinggi tidak dinyanyikan dengan berteriak. Suara falset harus disertai penggunaan resonanse atas (kepala) yang maksimal.

Melatih kelompok suara alto dan bas lebih banyak melatih nada-nada rendah. Terutama menyanyikan nada rendah dengan volume suara yang lebih kuat dan menggunakan resonanse dada yang harus dikuasai oleh kelompok alto dan bas. Harus dijaga juga ketika alto dan bas bergerak ke nada yang tinggi agar tidak kehilangan warnanya dengan mengoptimalkan artikulasi.

Pada umumnya teknik paduan suara dan teknik vokal yang digunakan harus seragam digunakan oleh seluruh anggota paduan suara. Pengucapan, artikulasi, penghayatan, ekspresi dan lainnya pada umumnya harus sama, kecuali untuk nafas atau phrasering (pengkalimatan) bisa berbeda beda pada tiap kelompok suara contohnya pada lagu kanon.

Tidak ada komentar: